Aplikasi At Tashil Untuk Menghitung Warisan

Dalam ilmu waris yang lebih ngetren disebut MAWARIS atau FARAIDH, ada metode penghitungan tersendiri, yang konon katanya hanya butuh waktu 15 hari aja untuk mempelajarinya. Untuk memudahkan dalam menghitungnya, kalian bisa menggunakan aplikasi At Tashil.

At Tashil adalah sebuah aplikasi hitung waris berdasarkan syariat Islam. Aplikasi ini dibuat untuk membantu umat Islam dalam menghitung bagian waris berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah.

Aplikasi ini terdiri atas 4 menu utama yaitu : halaman awal yang berisi muqaddimah dari developer, pembagian waris yang berisi interface untuk menjalankan program, ringkasan ilmu waris dan pengaturan.

Menu Muqoddimah

Menu muqoddimah berisi tentang kata pengantar yang disampaikan oleh developer beserta penjelasan singkat fitur-fitur yang terdapat didalam aplikasi At Tashil ini. Disamping itu, pada menu ini juga terdapat informasi fitur-fitur yang akan dikembangkan pada versi berikutnya beserta aspek-aspek teknis yang lain.

Muqadimah

Menu Pembagian Waris

Menu pembagian waris adalah menu utama yang terdapat pada aplikasi At Tashil ini. Pada menu ini pengguna dapat melakukan perhitungan jumlah harta waris yang Insya Alloh sesuai dengan Al Quran & As Sunnah. Menu ini digunakan untuk memasukkan daftar dan jumlah ahli waris yang masih hidup beserta jumlah total harta yang diwariskan pada kolom yang disediakan. Setelah pengguna menekan tombol Hitung maka aplikasi secara otomatis akan menghitung permbagian waris dan menampilkan hasilnya pada kolom-kolom yang telah ditentukan. Menu ini memiliki 8 kolom utama, yaitu Bagan Ahli Waris, Jumlah Orang, Bagian, Saham, Saham Tashih, Warisan Grup, Warisan Per Orang, dan Keterangan.

Hitung Waris

Menu Ilmu Waris

Didalam menu ringkasan ilmu waris ini, pengguna dapat melihat hukum-hukum waris yang disebutkan dalam Al-Quran surat An-Nissa ayat 11, 12 dan 176. Disamping itu, ringkasan ilmu waris ini juga berisi tentang rangkuman ilmu waris yang diambil dari beberapa kitab yang menjelaskan mengenai hukum waris, diantara kitab-kitab tersebut adalah :

1. Ensiklopedi Islam al-Kamil, Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at-Tuwaijiri, Darus Sunnah, Jakarta, 2007 M
2. Hukum Waris, Komite Fakultas Syariah Universitas Al-Azhar Mesir, Senayan Abadi Publishing, Jakarta, 2004 M
3. Belajar Mudah Hukum Waris Sesuai Syariat Islam, Abu Umar Basyir, Rumah Dzikir, Solo, 2006 M
4. ‘Al-Farooidh, Fiq-han wa Hisaaban’, Sholeh Ahmad Asy-Syami, Al-Maktabah Al-Islami, Beirut, 1997 M / 1418 H

Artikel Waris

Menu Pengaturan

Menu yang terakhir pada aplikasi At Tashil ini adalah menu pengaturan. Pada menu ini pengguna dapat melakukan pengaturan tentang kolom-kolom mana saja yang akan ditampilkan dalam melakukan perhitungan waris yang terdapat pada menu pembagian waris. Pengguna hanya cukup menghilangkan tanda ‘cek’ yang terdapat pada check box seperti pada gambar dibawah ini.

Pengaturan

Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan didownload softwarenya dulu di sini:
http://kaisansoft.com/produk-layanan/software-hitung-waris-at-tashil/

Proses intallasi At Tashil sangat mudah dan cepat, kalian hanya tinggal mengikuti intruksi dari jalannya proses installer hingga selesai :

  • Tampilan awal, klik Next untuk melanjutkan.

Tampilan Awal

  • Menentukan lokasi At Tashil akan diinstall, klik Next untuk melanjutkan.

Lokasi Install

  • Pembuatan folder pada menu program, klik Next untuk melanjutkan.

Pembuatan Menu Folder

  • Menentukan pilihan untuk pembuatan icon, klik Next untuk melanjutkan.

Pembuatan Icon

  • Tampilan review hal-hal yang telah ditentukan pada tahap sebelumnya. Tekan tombol Install jika kalian sudah siap dan yakin untuk melakukan proses installasi aplikasi At Tashil.

Review

  • Proses installasi sedang berjalan, silahkan menunggu jalannya proses installasi sampai selesai. Jika kalian ingin membatalkan proses installasi silahkan tekan tombol Cancel.

Proses Instalasi

  • Alhamdulillah, proses installasi aplikasi At Tashil telah berhasil. Silahkan untuk mengklik tombol Finish untuk mengakhiri proses installasi.

Proses Instalasi Selesai

Cara penggunaan aplikasi At Tashil sangat mudah, langkah pertama adalah menjalankan aplikasi At Tashil yang sudah terinstal pada komputer anda, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pilihlah menu Pembagian Waris.
2. Setelah itu masukan jumlah harta yang akan diwariskan pada kotak Jumlah Harta Waris.
3. Masukan jumlah ahli waris yang masih hidup pada kolom Jumlah Orang yang berwarna merah atau hijau.
4. Kemudian tekan tombol Hitung.

Maka aplikasi secara otomatis akan menghitung pembagian waris yang hasilnya akan ditampilkan pada kolom-kolom yang telah ditentukan

Lokasi Install

Sumber : //kaisansoft.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s