Rahasia Tersembunyi Dibalik Kartu Remi

Mungkin selama ini kalian enggak pernah peduli, tapi kartu yang kalian kenal adalah jenis kartu dari Inggris, misalnya seperti JACK (J) QUEEN (Q) KING (K) dan ACE (A). Jenis kartu dari Inggris ini dalam satu setnya berjumlah 52 lembar, ditambah dengan JOKER.

Oke, to the point aja rahasia yang tersembunyi dibalik kartu remi :

  • Jumlahnya 52, kenapa 52 ? Karena jumlah seminggu dalam setahun adalah 52 dan setiap kartu mewakili satu minggu.
  • Karena dari Inggris yang notabene 4 musim jadi kartu remi punya 4 jenis yaitu Spade (♠) mewakili musim dingin, Heart (♥) mewakili musim gugur, Diamond (♦) mewakili musim semi dan Club (♣) mewakili musim panas.
  • Dalam satu jenis terdapat 13 kartu (dari AS s/d KING), dimana 13 adalah jumlah minggu dalam satu musim dan mewakili 4 penjuru mata angin.
  • Warna merah sama hitam, melambangkan Siang dan Malam.
  • Kalau angka kartu dalam satu jenis kalian jumlahin semua (As = 1, Jack=11, Queen=12 dan King=13), maka jumlah totalnya adalah 364 (sama dengan jumlah hari dalam satu tahun, ditambah 1 Joker, menjadi 365 hari).
  • Kalau jumlah huruf dari nama-nama kartu yang ada satu deck kalian hitung, baik dalam bahasa Inggris, Belanda, Jerman ataupun Perancis, maka jumlahnya adalah 52 (sama dengan jumlah minggu dalam 1 tahun). Silahkan cek & ricek (Bahasa Inggris: Ace, Two, Three, Four, Five, Six, Seven, Eight, Nine, Ten, Jack, Queen, King. Bahasa Belanda: Aas, Twee, Drie, Vier, Vijf, Zes, Seven, Acht, Negen, Tien, Boer,Vrouw, Heer. Bahasa Jerman: As, Zwei, Drei, Fünf, Sechs, Sieben, Acht, Neun, Zehn, Bube , Dame, König. Bahasa Perancis: As, Deux, Trois, Quatre, Cing, Six, Sept, Huit, Neuf, Dix Valet, Reine, Roi.)
  • Dari setiap jenis juga melambangkan 4 pilar yang utama di jaman Middle Ages (Heart=Gereja, Spade=Militer, Club=Agrikultur dan Diamond=Kelas Pedagang).
  • Setiap kartu Raja (KING) dari setiap jenis, merupakan representasi dari 4 raja besar dari sejarah (Spade-=King David adalah Raja Israel, Heart=Charlemagne adalah pendiri The Holy Roman Empire, Club=Alexander The Great/Jenderal Macedonia yang berhasil menaklukan Mesir sampai ke India, dan Diamond=Julius Caesar, The Great Dictator of Rome).
  • Hearts – Spades – Diamonds – Clubs, (King) Charlemagne – David – Caesar – Alexander, (Queen) Ragnel – Judith – Pallas – Argeia, (Jack) Ogier – Judah Maccabee – Aulus Hiritus- Hector. Mereka adalah para Hero pada jaman Middle Age dahulu.

Misteri lain yang belum terkuak sampai sekarang adalah :

  • King Hati satu-satunya King yang ngga punya kumis.
  • King Hati juga mengarahkan pedangnya ke arah kepalanya sendiri, oleh karena itu King Hati selalu disebut “The Suicide King”.
  • King Diamond hanya terlihat satu sisi muka, dimana king-king lainnya terlihat dua sisi muka.
  • Queen Spade melihat ke arah kanan, dimana Queen-Queen lainnya melihat ke arah kiri.
  • Queen Spade satu-satunya Queen yang megang tongkat dan bunga, dimana Queen-Queen lainnya hanya memegang bunga.

Joker

Diyakini sebelum kartu joker ramai digunakan di kartu poker yang sekarang, kartu Joker ini telah ada di dalam permainan kuno bernama “EUCHRE”. Sebuah permainan yang amat di gemari di pertengahan abad 19.

Terdapat dua versi yang menjelaskan kenapa kartu joker umumnya berpenampilan layak seorang badut?

1. Versi pertamanya “Joker sebagi The Fool” di tahun 1400

Zaman dulu, kalau ada orang cacat, misalnya seperti “si Bongkok dari Notredam” , maka si cacat itu dihina, dicemoohin, dikucilin, dileher si cacat digantungin lonceng kayak sapi, sehingga orang bisa tahu kalau mereka sedang mendekat. Si cacat diberi nama “The Fool”, alias “si Bego”.

Para Pastor di zaman itu kemudian berpikir bagaimana caranya supaya si cacat yang terbuang ini bisa diterima kembali di masyarakat. Timbul ide untuk memakaikan si cacat dengan baju, topi dan sepatu yang lucu. Supaya tidak dianggap berpenampilan seperti sapi, maka lonceng-lonceng kecil yang dipakaikan dijahit dengan manis di topi, baju dan/atau sepatu mereka.

Dengan demikian si cacat tetap adalah “si Bego”akan tetapi penampilan barunya ini membuat anak-anak merasa si Bego itu lucu.

Terus karena begonya, maka si Bego pada umumnya tidak dianggap berbahaya dan karenanya dia boleh nyelonong sana-sini dan nyeletak-nyeletuk sakarepe dewe.

Oleh karena itu, kartu JOKER juga boleh dipakai sebagai pengganti sembarang kartu dan menjadi kartu yang unik. Dalam permainan Tarot, makna kartu joker lebih identik dengan versi yang satu ini. Selain di sebut kartu truf tertinggi juga di karenakan pemain yang mendapatkan kartu ini tidaklah pasti menang.

2. Versi yang lebih baru adalah Joker sebagai Hofnar

 

NAR adalah penghibur (entertainer), HOF adalah kata lain untuk lingkungan kerajaan. Jadi, HOFNAR adalah entertainer yang kerja dalam lingkungan kerajaan. atau dengan kata lain adalah badut kerajaan.

Pencitraan diri dalam versi ini pun berbeda jauh dari versi Joker sebagai The Fool. Hofnar lebih di gambarkan sebagai orang yang cerdas layaknya artis yang memiliki banyak cara & trik untuk menghibur tamu-tamu istana. Biasanya si HOFNAR itu berbakat macam-macam, bisa main musik, bisa jugling, bisa akrobat, pandai bercerita, lucu, & kadang-kadang dalam atraksinya juga menggunakan binatang, seperti monyet, anjing, ular, burung, dll.

Seorang HOFNAR melalui atraksinya membuat dirinya selalu di terima di manapun dalam lingkungan kerjaan. Selain itu juga di izinkan bebas wara wiri dimanapun dia berada dan di lingkungan kerajaan untuk mencari inspirasi. maka kartu JOKER bisa dipakai sebagai kartu pengganti segala macam kartu.

Dizaman sekarang Joker lebih mengambarkan sebagai orang yang bisa di andalkan dalam menangani persoalan. Untuk kawula muda, mungkin Joker lebih menjurus ke julukan buat mengambarkan seorang yang nyambung di segala topik pembicaraan baik dari politik , ekonomi , baik itu terlibat ke dalam percakapan pria maupun wanita.

Sumber ://berbagipintar.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s