Aplikasi ISS : Aplikasi Astronomi Pada Android Untuk Mencari Posisi Keberadaan Satelit Ruang Angkasa ISS

Karena ISS bergerak sangat cepat, sekitar 92 menit untuk mengitari satu putaran bumi. Pada garis hijau ditunjukan sekitar 50 menit lagi International Space Station akan mendekat dari keberadaan smartphone atau tablet.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi ISS?

Bila ingin mengbadikan gambar, bisa dilihat pada jadwal di N2yo.com. Pilih satelit Zarya (ISS) dan track kemungkinan kemunculan dalam 5 hari kedepan. Data dari N2yo.com akan ditambahkan cahaya yang akan tampak dan kekuatan cahaya dalam Magnitude. Cahaya akan terlihat bila mencapai -1, untuk -1.4 akan sangat terlihat, dan -2 keatas maka cahaya ISS seperti bintang dan menyala bergerak dilangit.

Lintasan ISS dari dari penampakan sampai menghilang sekitar 5 menit. Tapi tergantung posisi, bila posisi disebut antara 40 derajat artinya ISS akan terlihat melintas cahayanya di sudut 40 dari 0 horizontal naik ke 40 derajat . Bila disebutkan 80 derajat artinya lintasan berada diatas kepala atau hampir tegak lurus dari keberadaan anda.

Untuk mengunakan data perkiraan dari ISS buka aplikasi seperti tampilan dibawah ini lalu click bagian Visible, bila muncul artinya kemungkinan cahaya ISS dapat sesuai tanggal dan jam pada daftar.

astronomi-iss1

Kemudian akan tampil data tabel dibawah ini, sesuai tanggal, jam, dan ketinggian.

astronomi-iss2

Bagian Alarm di sebelah kiri atas dapat di set ke smartphone, ketika akan melintas maka smartphone anda akan berbunyi. Menunjukan ISS akan lewat dan terlihat dari posisi.

Bagaimana mengetahui lintasan ISS ketika lewat?

Pada aplikasi ISS ada satu fungsi untuk memperkirakan  lintasan ISS pada tanggal tertentu.

Misalnya sobat ingin mengambil tanggal 10 Oktober 2013 pada gambar diatas,
click tanggal pada tabel yang ada lalu akan tampil seperti gambar dibawah.

astronomi-iss3

Tanda hijau adalah lintasan ISS sesuai data GPS dari camera smartphone. Jadi kita tidak perlu menebak darimana cahaya akan tampak. Dan sudah mengarahkan camera atau akan melihat kemana arah kedatangan ISS dan dimana saja cahayanya akan terlihat.

Aplikasi ISS dapat di download via link dibawah ini :

play.google.com/store/apps/details?id=com.androidesimple.iss

 

Sumber ://obengplus.com/

 

Tinggalkan komentar